beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Hindari Angka 4 dalam Angpao, kenapa?

Hindari Angka 4 dalam Angpao, kenapa?

 
ratna ayu
2016-02-07 10:24:47
ratna ayu Budaya 0 255
 
 
Hindari Angka 4 dalam Angpao, kenapa?

Hindari Angka 4 dalam Angpao, kenapa?

 

Berita Budaya Pilihan

 
 
 
 
 

Tahun baru Cina atau Imlek tinggal menghitung jam. Masyarakat Tionghoa telah mempersiapkan segala perlengkapan persiapannya. Baik menata rumah dengan pernak-pernik nuansa Imlek hingga memasak hidangan untuk esok hari. Salah satu tradisi yang terkenal adalah bagi-bagi angpao. Tradisi ini biasanya menjadi moment yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Bagi-bagi Ang pao ini tidak hanya sekedar memberikan uang tetapi mengandung filosofis tersendiri. Pemberian Ang pao memiliki arti transfer kesejahteraan.

"Ang pao sendiri melambangkan transfer kesejahteraan dari yang mampu ke yang tidak mampu. dari orang tua ke anak-anak, dari anak yang menikah ke orang tua," tutur Liem Chong Han, pendoa klenteng Hok Tik Bio, Kawasan Pecinan Pati.

Pemberian Ang pao juga tidak boleh diberikan sembarangan, ada tata caranya. Ang Pao harus dimasukkan ke dalam amplop berwarna merah. "Kenapa harus amplop berwarna merah, karena merah itu lambang dari kemakmuran," kata Han menjelaskan.Jumlah uang yang diberikan harus genap dan tidak boleh ganjil. "Kalau mau ngasih Rp 100 ribu ya jangan langsung lembaran seratus tapi harus dipecah jadi Rp 50 ribu 2," kata Han 

Ketentuan lain pemberian Ang pao adalah Ang pao tidak boleh mengandung unsur 4 seperti 400, 4 juta, 4 ribu karena angka 4 dipercaya sebagai angka sial. "Dalam bahasa mandarin 4 itu "she" artinya mati, jadi jangan ngasih angpao dengan nominal 4," ujar Han. 

Seyogyanya uang Ang pao tidak dibelanjakan, lebih baik disimpan karena adanya kepercayaan uang tersebut pemberian dari dewa rejeki. "Ang pao itu jangan dihambur-hamburkan, kan itu rejeki langsung dari dewa rejeki. Lebih baik disimpan untuk memanggil rejeki lain," pungkasnya.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan