beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Haul Sunan Prawoto Warga Rebutan Gunungan dan Ikan Lengkur

Haul Sunan Prawoto Warga Rebutan Gunungan dan Ikan Lengkur

 
azzam
2016-06-26 10:35:53
azzam Budaya 0 215
 
 
Haul Sunan Prawoto Warga Rebutan Gunungan dan Ikan Lengkur

Haul Sunan Prawoto Warga Rebutan Gunungan dan Ikan Lengkur

 

Berita Budaya Pilihan

 
 
 
 
 

Haul Sunan Prawoto atau Raden Bagus Hadi Mukmin ke 38 diperingati warga Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati Jawa Tengah, Minggu (24/4/16).

Warga mengikuti prosesi adat kirab lurup dan ikan lengkur dengan mengaraknya dari Balai Desa setempat menuju makam Sunan Prawoto.  Dalam prosesi tersebut juga dihadiri bangsawan dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Gunungan berupa buah dan sayur-sayuran, lurup atau kelambu baru untuk makam, nasi tumpeng, nasi nuk bersama ikan lengkur dibawa oleh warga dengan berpakaian tradisional yang pada jamannya dulu merupakan pasukan Sunan Prawoto. 

Warga pun menyambut dengan antusias arak-arakan pembawa gunungan, terbukti sepanjang jalan yang dilalui warga berada di pinggir jalan untuk menyaksikan kirab tersebut.

Bahkan sebelum sampai di makam Sunan Prawoto, gunungan tadi sudah ludes direbut oleh warga.  Mereka percaya jika bisa memperoleh gunungan tersebut maka akan memperoleh keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Setelah sampai di makam, lurup yang baru diserahkan kepada Ketua Pengurus Makam Sunan Prawoto, Ana Mansuran.

"Sebelum acara haul ini dimulai, satu pekan sebelumnya bahkan pengunjung sudah mulai berdatangan.  Tidak hanya dari sekitar Desa Prawoto atau Kecamatan Sukolilo saja namun juga dari luar Kabupaten Pati," terang Ana Mansuran.

Mereka memesan kelambu lama yang akan diganti dengan yang baru.  Dan sebelum acara prosesi penggantian kelambu, panitia sudah melaksanakan lelang kelambu lama.  Tahun sebelumnya, lelang kelambu bisa tembus hingga Rp. 8 juta dan diperkirakan pada tahun pun tidak jauh berbeda.

Ana Mansuran juga menceritakan asal mula dikatakan ikan lengkur.  Adalah ikan gabus yang dibentuk melingkar, dibaluri garam dan dibakar.  Ikan tersebut merupakan kesukaan Sunan Prawoto waktu itu.  Sementara itu, nasi nuk merupakan nasi putih yang dicetak berbentuk bulat.

"Ikan lengkur adalah kesukaan Sunan Prawoto dulunya.  Dan masyarakat Prawoto pun menjadikan ikan lengkur sebagai makanan tradisi di sini. Lengkur artinya melengkapi syukur. Dengan syukur itu, berkah dari Tuhan akan dilimpahkan kepada masyarakat," bebernya.

Walaupun prosesi kirab sempat turun hujan, namun acara tetap berlangsung tertib dan tidak ada halangan suatu apapun, hingga akhir acara.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan